Roti Sobek Pandan [tangzhong/water-roux method]

Roti Sobek Pandan [tangzhong/water-roux method] - Hallo sahabat tersayang... cieeee, Pada sharingkali ini yang berjudul Roti Sobek Pandan [tangzhong/water-roux method], saya telah membuat artile ini, mudah-mudahan isi postingan yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini detailnya.

lihat juga


Roti Sobek Pandan [tangzhong/water-roux method]

Bismillah..
Ngeroti lagiii.. :D Tiap pagi anak-anak memang sarapan favoritnya roti atau cereal, jadi emang selalu nyiapin stok roti di rumah. Dan sejak bikin roti tangzhong dan puas sama hasilnya yang super empuk dan awet lembut, hampir-hampir saya ga pernah beli roti lagi di bakery. Selain mencoba mengurangi konsumsi emulsifier yang pasti ada di produk bakery langganan, roti homemade yang fresh dari oven dan dinikmati anget-anget itu nikmaaaat.. masyaAllah :D

Roti sobek pandan ini empuuuk & lembut, padahal untuk roti yang ada di foto ini saya lupa ga masukin kuning telur. Pantesan 100 ml susu cair kepake semua. Biasanya saya pake telur, dan jumlah susu cair atau air yang terpakai hanya 75-90 ml.. 
Jadi, kalo mau cari resep roti tanpa telur tapi tetep empuk, resep ini cocok nih. Tetep lembyuuut... tinggal disesuaikan di pemakaian susu cairnya saja. Foto-foto roti sobek ini diambil pas hari kedua, masih tampak empuk & lembutnya kan..

Oiyah, sepertinya keju gouda kurang cocok yah buat isian roti sobek gini. Kalo pas masih anget sih meleleh-leleh enyak gitu, tapi pas adem jadi keras. Aneh aja nggigitnya, hehe..
Mustinya lebih pas diolah dulu ya kejunya, maklum pemalesan.. Sesuaikan aja isiannya dengan selera atau isian andalan buibu yah :)

Roti Sobek Pandan Empuk

Bahan tangzhong
50 gr terigu protein tinggi
250 ml air

Bahan roti
400 gr tepung terigu protein tinggi (bread flour)
200 gr tepung terigu protein sedang (serbaguna, all purpose flour)
2 sdm ragi instan
100 gr gula pasir
1 sdt garam
100 gr mentega
75-100 ml susu cair (bisa diganti air, ga harus hangat)
2 kuning telur (opsional)
1/4 s/d 1/2 sdt pasta pandan 

Potongan keju gouda untuk isian (atau isian sesuai selera)
Wijen untuk taburan
1 kuning telur + 5 sdm susu cair untuk olesan

Cara membuat
1. Siapkan tangzhong: campur terigu dan air, aduk sampai licin dan tidak bergerindil. Panaskan di atas api kecil-sedang hingga mulai mengental. Matikan api, dinginkan
2. Dalam mixing bowl atau wadah besar, campurkan tepung terigu, gula pasir dan ragi, aduk rata. Masukkan tangzhong (semua) dan kuning telur (jika pakai). Uleni hingga hampir membentuk dough. Tambahkan garam dan mentega. Uleni kembali sambil masukkan susu cair sedikit demi sedikit. Stop jika sudah dirasa cukup atau bisa ditambahkan beberapa sendok makan air jika adonan terlalu kering. Tambahkan pasta pandan, lanjutkan uleni hingga kalis dan elastis
adonan yang sudah kalis elastis, jika dibeberkan hingga tipis tidak robek
3. Istirahatkan adonan kurang lebih 45menit hingga 1 jam atau sampai mengembang 2x lipat
Tips: saya masukkan ke dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya 60 C. Setelah dimasukkan, oven dimatikan
atas: sebelum, bawah: setelah diistirahatkan
4. Kempiskan adonan, uleni lagi dengan tangan supaya kembali lentur. Bagi-bagi adonan sesuai bentuk roti yang mau dibuat
kali ini saya bagi: @60 gr x 8 untuk dibuat roti sobek, sisanya @60-70 gr untuk dibentuk macem-macem
5. Bentuk bulatan bola-bola, istirahatkan lagi 15-20 menit. 
Roti sobek: Kempiskan dengan jari tangan atau dengan rolling pin, balik, beri isian, bulatkan lagi, tata di loyang yang sudah diolesi mentega. 
Roti manis: Kempiskan adonan, bentuk sesuai selera, tata di loyang yang sudah dioles mentega atau dialasi baking paper
Istirahatkan lagi 15-20 menit. Panaskan oven 190 C
6. Olesi bagian atas roti dengan bahan olesan dan taburi wijen (jika pakai). Panggang selama 15-20 menit atau sampai bagian atas roti kecoklatan. Angkat, olesi permukaannya dengan mentega supaya makin kincloong..

Dinginkan, siap disajikan


 Selamat mencoba :)

0 Response to "Roti Sobek Pandan [tangzhong/water-roux method]"

Posting Komentar