Pumpkin Swirl Fudgy Brownies

Pumpkin Swirl Fudgy Brownies - Hallo sahabat tersayang... cieeee, Pada sharingkali ini yang berjudul Pumpkin Swirl Fudgy Brownies, saya telah membuat artile ini, mudah-mudahan isi postingan yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini detailnya.

lihat juga


Pumpkin Swirl Fudgy Brownies


Bismilah..
Postingan ini adalah copy paste dari imel yang saya submit di ajang NCC brownies week. Yuuukk ramaikaan.. Apa itu NCC brownies week..? Tengok page FB nya disini yaa..
Keder mau jeprat-jepret hasil browniesnya? Jangan kuatiiir.. suhu NCC turun langsung dan kasih tips-tipsnya disini.. Hayuk ah, eksplor resep trus ikutaaan ^^


Sugeng enjang mbak-mbak host manis-legit & NCCers... ikutan meramaikan yaah :D

Behind the Scene
Ini ceritanya saya lagi bikin panganan serba labu kuning mumpung lagi musimnya..  Pas lagi promo, saya belilah sebiji yang ukurannya paling mini. Udah dibikin donat, roti manis, roti sobek, puding dan ini itu eeh kok ya ga abis-abis juga yaa.. :D
Jadi pas NCC brownies week ini ditabuh gongnya, yang langsung kepikiran adalah mau bikin anything-pumpkin brownies..dan jadilah setoran pertama saya ini :))
Oiyah, ini awalnya mau bikin double-swirl brownies, dengan swirl dari cream cheese (putih) dan pumpkin (kuning). Eh sayang ternyata saya ga mbakat artist. Nglukis swirl putih-kuningnya terlalu nyampur dan jadinya malah kurang kontras deh, wkwkw.. Akhernya ganti nama jadi pumpkin swirl brownies aja.. karena memang pumpkin swirlnya juga lebih dominan.

About the Recipe
Resep dasar browniesnya saya pakai Best Cocoa Brownies oleh Alice Medrich (ada di bukunya: Bittersweet, 2003). Tapi saya dapet resep ini bukan dari bukunya, karena resep beken ini udah wara wiri di top food blog baik versi asli maupun yang sudah dimodifikasi. Salah dua blog yang pake versi asli: Smitten Kitchen & Technicolor Kitchen
Biasanya saya bikin Best Cocoa Brownies ala Joy of Baking seperti yang saya posting disini, yaitu dengan menambahkan sour cream. Tapi kali ini saya mau bikin yang versi asli aja, endeeeuss..
Sedangkan untuk swirlnya, itu hasil cemplang-cemplung saya.. :D

Pumpkin Swirl Fudgy Brownies

Bahan
10 tablespoons (140gr) unsalted butter [mentega tawar]
1 ¼ cups (250gr) sugar [gula pasir]
¾ cup + 2 tablespoons (80g) unsweetened cocoa powder [coklat bubuk]
¼ teaspoon (sendok teh) salt [garam]
½ teaspoon vanilla extract [saya pake vanila bubuk]
2 cold large eggs [telur ukuran besar dari kulkas]
½ cup (70gr) all-purpose flour [tepung serbaguna/protein sedang]
2/3 cup (74g) walnut or pecan pieces [optional-saya ga pake]
Tambahan: satu resep* adonan pumpkin-cream cheese swirl

Alat:
Handwhisk
Panci/wadah tahan panas
loyang 20x20 cm
alumunium foil atau baking paper
spatula/sendok kayu

Cara membuat:
Siapkan adonan cream cheese-labu kuning. Sisihkan

Letakkan rak oven di tingkat ketiga dari bawah (saya di tengah), panaskan oven 325 F (160 C). Alasi loyang 20x20cm dengan foil dan olesi foil dengan mentega (saya: baking paper)

Dalam wadah tahan panas (saya: panci), masukkan mentega dan panaskan di atas panci lebih besar berisi air mendidih (double boiler method).
Lelehkan mentega, kemudian tambahkan gula dan garam, aduk rata
Tambahkan coklat bubuk, terus aduk hingga adonan halus dan cukup panas hingga Anda ingin menarik jari Anda dengan cepat ketika jari dimasukkan ke adonan untuk mengetes. Pindahkan dari kompor dan biarkan hangat, bukan panas

Masukkan vanilla, aduk dengan sendok kayu (saya: handwhisk). Tambahkan telur satu per satu, aduk cepat tiap penambahan. Saat adonan terlihat kental, mulus dan mengkilat, tambahkan tepung dan aduk sampai rata, kemudian aduk cepat 40 kali strokes dengan sendok kayu atau spatula plastik (saya: handwhisk). Masukkan kacang jika pakai. Ratakan adonan di loyang

Sendokkan adonan cream cheese dan labu kuning, selang seling. Buat motif marmer dengan sumpit atau pisau.
Panggang hingga tusuk gigi dimasukkan di tengah keluar dengan sedikit lembab adonan, 20-25 menit (saya: 30-35 menit). Dinginkan di rak kawat. Pindahkan ke cutting board, potong 16 atau 25 kotak (saya: 16 kotak)

Note:
Brownies ini yang tipenya fudgy, jadi tusuk giginya harus lembab adonan saat tes tusuk dan bukan bersih. Kalo tusuk gigi keluar bersih justru artinya brownies sudah overbaked

*Pumpkin-Cream Cheese Swirl

100 gr cream cheese, suhu ruang
70 gr labu kuning, kukus dan haluskan
1 butir telur
50 gr gula pasir
1/2 sdt vanilla bubuk

Cara membuat
Campur semua bahan kecuali labu, kocok hingga rata. Sisihkan 1/3 bagian untuk dicampur dengan labu kuning. Kocok lagi hingga rata. Siap dipakai. 

Note: 
dengan resep ini, sisa 2 cup adonan (ukuran muffin cupcake), kemudian saya panggang 160 C selama 15 menit dalam cetakan cupcake. Endeuss :D


Enjooy! :)


Makasih kesempatannya mbak-mbak host yang manis..

Salam manis-legit,
oki rahadini
www.kulinerku-id.blogspot.com

0 Response to "Pumpkin Swirl Fudgy Brownies"

Posting Komentar