Vanilla Sponge Cake | Bolu Vanila Lembut tanpa Pengembang

Vanilla Sponge Cake | Bolu Vanila Lembut tanpa Pengembang - Hallo sahabat tersayang... cieeee, Pada sharingkali ini yang berjudul Vanilla Sponge Cake | Bolu Vanila Lembut tanpa Pengembang, saya telah membuat artile ini, mudah-mudahan isi postingan yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini detailnya.

lihat juga


Vanilla Sponge Cake | Bolu Vanila Lembut tanpa Pengembang

Bismillah..
Uhuk-uhhuk.. apa kabar ini blog yaa.. Hampir setaun dianggurin, kemane aje buuuk 
*tutup muka pake bantal*
Nah, daripada keburu ditutup sama om google nih, mending blognya buru-buru diupdate deh, hihi *alesannya maksyaa :P 
Baiklah.. krucil 1 & krucil 2 udah abis UTS dan terima rapor nihh.. mumpung lagi agak longgar, mari bersantai sejenak dengan ngupdate resep di blog ^^

Vanilla sponge cake yang ada di foto ini udah luamaaa banget bikinnya. Resepnya sipp.. sayang deh kalo ga dicatet di sini.
Formula dasarnya masih pake resep sponge cake andalan. Tapi yang kali ini agak berbeda metodenya dari sponge cake biasa. Agak mirip chiffon cake karena putih telurnya dikocok terpisah, tapi yang ini ga seribet bikin chiffon cake karena semua bahan dikocok dalam satu wadah..
Kalo rasanya gimana? Yaa.. rasa vanilla lah, kaya judulnya :P 
Saya pake vanila bubuk karena adanya itu di rumah, tapi kalo pemirsa mau pake vanila extract, bisa juga. Kan yang jual ekstrak vanila halal di online shop alhamdulillah udah banyak..
Trus..supaya cakenya gurih, sebaiknya pake susu yang full cream. Kalo ada, bisa juga ditambahkan susu bubuk full cream (menggantikan sejumlah takaran terigu atau maizena). Berdasarkan pengalaman dalam membandingkan beberapa kali baking kue dan roti, pemakaian susu bubuk ternyata menyumbang gurih yang lebih nampol dibanding hanya pake susu cair, meski sama-sama yang full cream. Kenapa bisa begitu? Taktau lah akuu.. >.< :P
Cake ini sedikit kurang manis (buat selera saya) karena memang saya coba kurangi takaran gulanya. Mungkin akan jadi pas kalo dioles buttercream yang manis di tengah layer dan di atasnya. 
Terus.. secara volume, cake ini tinggii. Pake loyang 18 cm jadinya tingginya 7 cm. Mungkin karena putih telur yang dikocok terpisah itu ya.. jadi mengembangnya optimal. Adonan kuenya pun memang sangat kental, lebih kental dibanding kalo saya pake metode sponge cake yang biasa.
Dan terakhir, secara tekstur, bisa keliatan dari foto yaa.. 
*abaikan styling di fotonya yang mati gaya 🙈*
Cakenya lembuut dan ringan. Meski saya kurangi gulanya lumayan, cake nya masih tetep moist.. 

Oiyaah.. satu lagi. Ini warna kuning cakenya kinclong banget yakk. Gatau ini pas lagi dapet telurnya kok kuning telurnya warnanya kuning banget gitu. Pas kuning telur dimasukkan, warna adonan langsung berubah kentara. Apalagi setelah matang, wow.. gonjrengg 😅
Kalo telur yg warna kuning telurnya pucet kan katanya karena si ayam petelornya kurang vitamin ya...nhah kalo ini mungkin ayam petelornya pas lagi hiper vitamin, wkwkw.. *ngarang*
Eniwei, saya kalo bikin lagi juga ga bisa konstan warna kuningnya.. karena tergantung kualitas telur yang digunakan. 


Vanilla Sponge Cake

Bahan
40 gr tepung maizena
120 gr tepung terigu serbaguna (protein sedang)
100 gr gula
4 butir telur ukuran besar (pisahkan kuning dan putih telurnya)
1/2 sdt garam halus
1 sdt lemon juice (bisa diganti perasan jeruk nipis)
75 ml susu cair
50 ml minyak sayur
1/2 sdt vanila bubuk


Cara membuat
1. Panaskan oven 150 C. Alasi loyang bulat diameter 18 cm (tinggi 7 cm atau lebih) dengan baking paper (bagian bawahnya saja). Kalo pake loyang yang bongkar-pasang, biarkan tanpa alas dan olesan. Sisihkan
2. Kocok putih telur bersama garam dengan handmixer kecepatan 3 (sedang). Saat mulai berbuih/berbusa dan putih, tambahkan perasan lemon (atau jeruk nipis). Teruskan mengocok, kemudian masukkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus dikocok. Teruskan mengocok hingga soft peak, yaitu jika mikser diangkat, adonan membentuk jambul.
Tambahkan kuning telur, satu per satu, sambil dikocok perlahan dengan kecepatan rendah.
3. Campur susu dan minyak sayur kemudian masukkan susu dan minyak sayur sedikit demi sedikit sambil dikocok dengan kecepatan terendah. Tambahkan vanila, kocok sebentar.
4. Masukkan tepung terigu, aduk balik dengan spatula hingga rata.
5. Tuang adonan ke loyang perlahan. Hentak-hentakkan loyang supaya gelembung udara yang terperangkap hilang. 
6. Panggang selama 30 menit di suhu 150C, kemudian naikkan suhu jadi 160C. Panggang lagi 25-30 menit, atau hingga tusuk gigi dimasukkan keluar bersih.
7. Keluarkan dari oven, hentakkan di atas meja (ini katanya mengurangi penyusutan). Balik loyang sekitar 5 menit di atas rak kawat kemudian segera keluarkan dari loyang dengan menyisir bagian pinggirnya dengan pisau atau spatula.
note: kalo pake pisau hasilnya lebih rapi, tapi kalo loyangnya masih baru mending pake spatula aja deh.. sayang loyangnya :D :P 

Dinginkan cake di atas rak kawat dan potong setelah benar-benar dingin untuk mendapatkan hasil irisan yang rapih..  


Selamat mencoba ^^

0 Response to "Vanilla Sponge Cake | Bolu Vanila Lembut tanpa Pengembang"

Posting Komentar