Cake Keju Gluten Free

Cake Keju Gluten Free - Hallo sahabat tersayang... cieeee, Pada sharingkali ini yang berjudul Cake Keju Gluten Free , saya telah membuat artile ini, mudah-mudahan isi postingan yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini detailnya.

lihat juga


Cake Keju Gluten Free

Bismillah..
Saya punya stok tepung beras yang belum juga terpakai. Tadinya mo bikin bubur sumsum tapi trus inget pernah ngebookmark resep brownies kukus keju gluten-free nya Ummu Fatima. Pas dibaca lagi resepnya ternyata bahannya relatif mudah dan semua pas ada di dapur. Sayangnya kukusan saya terlalu mini untuk ukuran cake sebesar ini (padahal ini teh mini ya cake nya :P), jadi akhirnya saya oven saja. Hasilnya tetep lembuuut, moist tapi jelas ga bisa se-moist versi kukus ya. Bisa aja man-teman ovennya pake metode au bain marie supaya lebih moist lagi, tapi saya lagi males pun heheu.. Gini saya udah puas kok sama hasilnya, alhamdulillah..

Karena ini dipanggang jadinya judulnya mustinya jadi brownies panggang keju yah. Etapi takut ntar takut diprotes sama pecinta brownies panggang, karena sudahlah ini tidak brown pun juga ga padat dan bantet. Cake ini lembuut & agak spongy. Mo dipanggil blondies juga kurang pas, karena juga ga pake white chocolate. Untuk yang dipanggang, teksturnya lebih pas disebut cake :)
Rasanya pas manisnya dan gurih ngeju. Anak-anak suka banget.. baru dipotong udah langsung dicomot. Untung masih ada yang bisa diamankan buat dipoto besok paginya. Ini pas sesi foto juga sambil ditungguin anak-anak karena mereka lagi libur, jadinya buru-buru deh jeprat-jepretnya. Abis foto langsung cuss ludess, haha.. 
Jazakillah Umm resepnya, suka suka suka.. :)


Cake Keju Gluten-Free
dicontek dari Simply Cooking & Baking dengan modifikasi

Bahan
3 butir telur, suhu ruang
100 gr gula pasir
60 gr tepung beras
20 gr tepung maizena
100 gr keju oles/soft cheese atau cream cheese, potong kecil (saya: keju parut)
100 ml minyak sayur
minyak/margarin untuk mengolesi loyang (saya pake baking paper)

Cara membuat:
1. Panaskan oven 180 C (atau panaskan kukusan, jika dikukus). Olesi loyang bulat diameter 18 cm dengan margarin atau alasi dengan baking paper (saya pake loyang kotak 20x20 cm)
2. Campur maizena dan terigu, ayak
3. Panaskan minyak dan soft cheese sebentar. Matikan api, aduk-aduk hingga keju meleleh. (saya skip step ini)
4. Kocok telur dan gula dengan kecepatan paling tinggi, hingga mengembang dan memucat tidak perlu sampai kaku.
5. Kecilkan kcepatan mikser jadi terendah, masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit, aduk hingga rata
6. Masukkan campuran minyak dan keju, aduk lagi hingga rata. Matikan mikser
(saya: masukkan minyak & keju parut, aduk balik dengan spatula)
7. Tuang ke dalam loyang, oven (atau kukus) 30-35 menit atau hingga matang. Angkat, dinginkan. Potong-potong dan beri topping sesuai selera

Note dari Ummu Fatima: soft cheese bisa diganti keju parut, langsung dicampurkan di adonan dan tidak perlu dilelehkan terlebih dahulu

Note dari saya: saya pake keju parut gouda yang memang tipenya 'berat', jadi ada sedikit keju parutnya ada yang turun ke bawah dan jadi bagian dasar cake jadi crisp. Ini malah membuat cakenya jadi unik & makin gurih. Tapi jika teman-teman maunya keju tercampur rata semua, pilih keju yang quickmelt atau cheddar

Selamat mencoba :)

0 Response to "Cake Keju Gluten Free "

Posting Komentar