Cake Marmer Jadul ala Pak Sahak [versi tanpa sp/emulsifier]

Cake Marmer Jadul ala Pak Sahak [versi tanpa sp/emulsifier] - Hallo sahabat tersayang... cieeee, Pada sharingkali ini yang berjudul Cake Marmer Jadul ala Pak Sahak [versi tanpa sp/emulsifier], saya telah membuat artile ini, mudah-mudahan isi postingan yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini detailnya.

lihat juga


Cake Marmer Jadul ala Pak Sahak [versi tanpa sp/emulsifier]


Bismillah..
Yippiiie..! Akhernya berhasil juga cake satu ini. Duluu banget, pernah coba bikin. Tapi sayang gatoot sodara-sodaraa.. Bantet dengan suksesnya. Meski masih bisa dimakan tapi sakitnya tuh disini.. *tunjuk dompet
Udah versi separo resep sih jadi pakenya cuman 5 telor, tapi tetep aja buat saya 5 telor itu lumayan banyak buat satu cake diameter 18cm, hihii.. Irit maak (ato pelit??) bin kolesterol, hehe. Emang yang pertama kali nyobain itu saya ga plek ngikutin resep asli milik Pak Sahak ini, karena saya skip emulsifiernya. Tapi kayanya sih bukan karena itu gagalnya.. soalnya liat cakenya Ummu Fatima kok ya tjakeep bener padahal juga ga pake emusifier. Sepertinya sih, saya salah di pengocokannya, mungkin kelamaan dan setelah matang juga seingat saya ngga langsung dikeluarkan dari loyang. Akhernya cakenya masih kena panas dari loyang sedangkan kalo overbaked katanya cake jenis ini malah jadinya akan menyusut kebangetan. Aduk balik minyaknya juga mungkin kurang rata jadi sebagian ngendap dan bikin bantet di bawah kuenya. Yah, gitu kira-kira yang saya simpulkan dari berguru di grup fb NCC, hehe.. 

Akhernya setelah sekian lama tiba-tiba pengen nyobain mbikin lagi. Soalnya kalo males nyobain mulu karna takut gatot ya ntar ga belajar-belajar dong. Kecepatan mixernya kali ini saya set lebih rendah, ke nomor 3. Dan saya kurangi waktu kocoknya, pas keliatan tampak mengental langsung saya stop. Dan ternyata alhamdulillah cakenya mengembang tanpa bantat. Yeay! :)
Tapi sebenarnya masih kurang puas ama motif marmernya sih, seperti biasa kayanya kebanyakan ngaduk jadi motif marmernya malah jadi samar :P 
Dan sesuai testimoni temen-temen blogger yang dari duluuu udah pada nyobain, emang cake ini lembut, ga seret dan pas manisnya alias ga terlalu manis, hehe.. Menurut saya teksturnya ga se-spongy chiffon cake tapi juga ga padet kaya butter cake. Jadi ini bener apa ngga yaa, heheu.. ah, yang penting anak-anak pada doyan alhamdulillah. Dan yang paling penting lagi, yang bikin cake jadi makin pede belajar mbikin cake tanpa pengembang, hehe..
Makasih banyak resep & inspirasinya ya Ummu Fatima :) *cipikacipiki

Cake Marmer Jadul
oleh Pak Sahak Pribadi via Ummu Fatima
[ditulis separo resep]

Bahan
5 butir telur (suhu ruang)
125 gr gula pasir
1 sdt emulsifier (saya skip)
1 sdt vanilla
150 gr tepung terigu serbaguna/protein sedang
15 gr maizena
15 susu bubuk (saya skip)
100 gr margarin, lelehkan
50 gr minyak sayur
1-2 sdt pasta coklat (saya: 2sdm coklat bubuk yang dilarutkan dengan 2 sdm air hangat)

Cara membuat:
1. Panaskan oven 180 C. Oles loyang tulban 20 cm dengan margarin dan taburi tepung (saya pake loyang bulat diameter 18 cm). Sisihkan
2. Campur dan ayak tepung terigu, maizena dan susu bubuk jika pakai
3. Kocok telur, gula pasir, emulsifier, vanilla dan campuran tepung hingga mengembang dan kental (all in one method). 
(saya menggunakan hand mixer kecepatan 3 selama 7-8 menitan)
4. Campurkan margarin dengan minyak sayur, kemudian tuangkan sedikit demi sedikit ke dalam adonan. Aduk balik hingga tercampur rata dan homogen.
5. Ambil 2 sendok sayur adonan, beri pasta coklat. Aduk rata
6. Tuang adonan putih ke dalam loyang, kemudian tuang adonan coklat di atasnya. Buat motif marmer dengan bantuan garpu atau sumpit
7. Oven hingga matang selama kurang lebih 30-45 menit. Tes tusuk dan tes sentuh
Angkat dan segera keluarkan cake dari loyang. Dinginkan

Selamat mencoba :)

0 Response to "Cake Marmer Jadul ala Pak Sahak [versi tanpa sp/emulsifier]"

Posting Komentar