Pumpkin Donuts | Donat Labu Kuning

Pumpkin Donuts | Donat Labu Kuning - Hallo sahabat tersayang... cieeee, Pada sharingkali ini yang berjudul Pumpkin Donuts | Donat Labu Kuning, saya telah membuat artile ini, mudah-mudahan isi postingan yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini detailnya.

lihat juga


Pumpkin Donuts | Donat Labu Kuning

{scroll down for recipe in English}
Bismillah..
Yuhuuu..tau-tau dah wiken lagi yah, asiiik.. :D
Eits, ga cuman ibu-ibu bekerja doang lhoh yang sumringah sama wiken. Sayah jugak! :D Selain jadi bisa jalan-jalan keluar full-team, pas wiken saya jadi lebih leluasa coba resep ini itu di dapur tanpa rusuh. Yoih, mumpung para krucil & bebe Hannah ada babysitternya ayahnya :))
Yang belom punya ide buat cemilan wiken besok, boleh coba donat labu kuning nih. Aseli, lembut & empuuuk! Resepnya saya pake resep sakti Donat Kentang NCC sajah, tapi saya ganti kentangnya jadi labu kuning. Yup, masih dalam rangka memanfaatkan labu kuning yang lagi musimnya..

Kali ini saya beli labunya yang udah bener-bener kuning, baik kulit luar maupun dagingnya. Hasilnya, donatnya pun jadi kuning gonjreeeng...ga lagi kuning malu-malu kaya pumpkin bun yang saya bikin sebelumnya. Syukaaa.. :))

Donat Labu Kuning
diadaptasi dari Donat Kentang oleh Bu Fatmah Bahalwan NCC

Bahan
500 gr tepung terigu protein tinggi (bread flour)
50 gr susu bubuk (saya skip)
11 gr ragi instan (kira-kira 3-4 sdt)
100 gr gula pasir

200 gr labu kuning tanpa kulit, timbang, kukus, haluskan
4 kuning telur
100 ml air dingin (saya pake susu cair dari kulkas)

1/4 sdt garam
75 gr mentega atau margarin

Cara membuat:
1. Campur rata 4 bahan pertama (tepung, susu bubuk, ragi dan gula pasir).
2. Tambahkan labu kuning, kuning telur kemudian uleni sambil dituangi susu sedikit demi sedikit hingga rata dan setengah kalis (membentuk dough)
3. Tambahkan garam dan mentega, terus ulenin hingga kalis dan elastis (saya pake handmikser sebentar hingga adonan mulai mengumpul di hook, tidak lagi menempel di bowl, baru saya pindahkan ke meja untuk diuleni dengan tangan hingga elastis).


4. Setelah kalis elastis, pindahkan ke bowl yang sudah diolesi sedikit minyak, tutup serbet basah atau plastik wrap dan istirahatkan 20-30 menit.
[baca notes d bawah]
5. Kempiskan adonan, bagi dan bentuk bulat masing-masing 40-50gr kemudian cetak menggunakan cetakan donat (saya: pipihkan dengan rolling pin kemudian cetak lubang tengahnya pake tutup botol). Istirahatkan lagi 20-30 menit

6. Goreng donat dengan api sedang hingga kecoklatan. Angkat, dinginkan. Beri topping sesuai selera

untuk kurang/lebih 22 buah donat

Notes:
- Ciri adonan yang sudah benar-benar kalis & elastis: jika direnggangkan hingga tipis tetap tidak robek, kayak balon.. lama nguleni tergantung kekuatan tangan, bisa 15 menit bisa lebih.
Kemaren saya ulen pake tangan udah 15 menit juga masih belom elastis sempurna. Maklum, tangan doang gede tapi tenaganya lemah gemulai, wkwkw..
Berhubung para krucil 2 & krucil 3 udah mule rewel (baca: udah pegel), akhernya saya berhenti ngulen di menit 20-25 saat adonan sudah mulai elastis tapi masih belum sempurna. Untuk kompensasinya, waktu istirahatnya (yang pertama) jadi saya perpanjang jadi 45 menit sampai 1 jam-an (jangan kelamaan juga ya, takut over proofing). Dan alhamdulillah hasilnya tetep empuuuk :D
- Mari kita nabung buat beli bread maker, supaya tangan tak lagi gempor.. *notes yang pentiiing :P
- Selama proses fermentasi (adonan diistirahatkan), saya letakkan adonan di dalam oven yang sebelumnya sudah dipanaskan 60 C. Saat adonan masuk, oven kemudian ditutup dan dalam keadaan mati.
Ini karena suhu ruang dapur saya lagi dingin, dengan diletakkan di tempat hangat adonan akan lebih cepat mengembang

Kemaren saya hanya pakai setengah adonan untuk digoreng jadi donat, jadi 11 donat. Setengahnya lagi saya panggang jadilah roti manis labu kuning. Insya Allah saya share di posting terpisah.

Selamat mencoba ;)


English Version

Pumpkin Donuts
adapted from Potato Donuts by Fatmah Bahalwan NCC

Ingredients
500 gr (3 3/4 cups) bread flour
50 gr milk powder
11 gr (4 tsp) instant yeast
100 gr (1/2 cup) castor sugar

200 gr pumpkin, steamed and puree
4 egg yolks
100 ml cold milk

1/4 tsp salt
75 gr butter or margarine

Directions:
1. Mix first 4 ingredients (flour, milk powder, yeast and sugar)
2. Add in pumpkin, egg yolks then stir while adding the milk. Continue until well incorporated and a dough is formed.
3. Add in salt and butter, knead until the dough is smooth and elastic
4. Move to a clean bowl, apply some oil to prevent sticking. Cover with a plastic wrap or damp towl then let it rest for 20-30 min
5. When it has doubled in size, knead the dough for a while so it become elastic again. Divide into balls @40-50 gr then make rings using a mould or manually with your hand. Let them rest for 20-30 minutes then fry with medium heat until it's brown and cooked, flip. Do the same on the other side. Remove the donuts to a cooling rack set over paper towels to remoce excess oil before serving

Enjoy!

0 Response to "Pumpkin Donuts | Donat Labu Kuning"

Posting Komentar