Ayam Bakar Kalasan dengan Teflon

Ayam Bakar Kalasan dengan Teflon - Hallo sahabat tersayang... cieeee, Pada sharingkali ini yang berjudul Ayam Bakar Kalasan dengan Teflon, saya telah membuat artile ini, mudah-mudahan isi postingan yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini detailnya.

lihat juga


Ayam Bakar Kalasan dengan Teflon

Bismillah..
Pas lagi puasa-puasa gini, enaknya memang meransum makanan cepat saji. Kamsudnya bukan hasil beli di resto fastfood yaa. Tapi maksudnya adalah membuat berbagai frozen food untuk disimpan trus dimasak cepat (finishing) sebelum buka atau sahur. Ssalah satunya ya ayam bakar kalasan ini. Ayam diungkep dalam jumlah banyak, kemudian distok di kulkas atau freezer. Ketika akan dihidangkan, tinggal dithawing kemudian dibakar atau juga bisa digoreng. Kalau mau bisa juga ketika dibakar diolesi sambal, jadilah ayam bakar pedes. Praktis..

Kali ini saya pilih bikin ayam bakar saja. Untuk lebih praktisnya lagi, saya bakar pake teflon. Teflon dioles sedikit minyak, kemudian dipanaskan hingga benar-benar panas, siap deh buat bakar ayam. Mirip grill kali yah..
Rasanya mirip sama yang dibakar beneran kok, wangi asepnya juga udah mirip-mirip..
Tapi tentunya lebih sedap yang dibakar beneran yaa.. Tapi kan ga mungkin sahur-sahur mbakar ayam beneran toh, jadi kembali lagi, pilihannya ya ayam bakar teflon *maksaa deh* hihihi..


Dan satu lagii, ini ayam bakar kalasan wannabe yah lebih tepatnya. Karena ayam bakar kalasan atau ayam goreng kalasan yang asli menggunakan ayam kampung. Untuk mengungkepnya juga menggunakan air kelapa. Tapii berhubung kedua item tadi agak susah ditemui disini, saya ganti air kelapa dengan santan dan ayam kampungnya saya ganti dengan ayam potong biasa..

Ayam Bakar Kalasan

Bahan
1 ekor ayam (kurang lebih 1,3 kg)
2 cm lengkuas
1 batang sereh, dikeprek
300 ml air santan (dengan kekentalan encer atau sedang)
7 sdm kecap manis

Bumbu Halus
8 bawang merah
5 siung bawang putih
4 kemiri, sangrai
2 sdt ketumbar, sangrai
2 sdt garam
1 sdt gula
1 sdt merica

Cara membuat:
1. Tumis bumbu halus dan lengkuas + sereh hingga harum dan matang. Masukkan ayam, bolak balik hingga berubah warna
2. Tambahkan santan dan kecap manis, aduk rata. Masak hingga ayam matang. (saya biasa pake api sedang selama 35-45 menit)
3. Bakar di atas teflon dengan api besar, bolak balik hingga tingkat kegosongan yang diinginkan :P

Sajikan dengan sambal dan lalap..Selamat mencoba ^^

0 Response to "Ayam Bakar Kalasan dengan Teflon"

Posting Komentar