Tumpeng Nasi Kuning & Step by step

Tumpeng Nasi Kuning & Step by step - Hallo sahabat tersayang... cieeee, Pada sharingkali ini yang berjudul Tumpeng Nasi Kuning & Step by step, saya telah membuat artile ini, mudah-mudahan isi postingan yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini detailnya.

lihat juga


Tumpeng Nasi Kuning & Step by step

Bikin pesenan nasi kuning komplit untuk 50 orang (plus tumpeng) adalah pekerjaan besar bagi tukang masak amatiran seperti kami. Jadi untuk memastikan selesai dengan lancar, kami bela-belain berepot-repot ria sejak H-2. Alhamdulillah bisa selesai tepat waktu. Meski badan capek-capek dan mata pedess karena begadang, tapi langsung jadi segerrr setelah kami dihadiahi pujian tulus dari para tamu yang datang, baik dari yang kenal maupun yang ga kenal. Alhamdulillah, laba emang ga seberapa tapi ternyata apresiasinya ini lhooh yang jauh lebih berharga, buat saya.. :) :) :)
Oiya, selain jadi tukang masaknya, kami juga termasuk tamu undangan lho. Makanya kami bisa mendengar pujian langsung dari para tamu. Hihihi..
Sebagai amatir, pastinyaa kami masih tahap belajar. Tapi setidaknya pengalaman kemarin bisa menjadi acuan. Saya coba tuliskeun disini, untuk catatan dan evaluasi.. sapatauuu..ntar dapet orderan lagi :P ato bikin untuk syukuran sidang PhD suami sendiri yang insyaAllah ga lama lagi (semogaaa..aamiin). Semoga bisa bermanfaat juga buat temans sekaliyann..
Kami ngikutin step by step numpeng di website NCC. Bener-bener bermanfaat artikel ini. Terimakasih sekali lagi untuk Bu Fatmah dan timnya. Barakallahu fiihim..

Berikut list resep lauk pauk yang kami pakai kemarin yah..

1. Ayam Bakar Bumbu Rujak
Saya pernah share di blog. Silahkan klik disini untuk liat resepnya
the star, besides the yellow rice of course ;)
Testimoni para tamu, ayamnya enak banget. Ada yang bilang, mengingatkan pada 'Sederhana' (resto). Aih, jadi geer deh yang masak ;P
Alhamdulillah tamu yang bule juga pada suka banget. Boleh nih ikutan order. Silahkan hubungi bu manejer yak, hihihi..

2. Kering Tempe
Meski bundo bilang ini masakan mah ngga bundo banget karena citarasanya yang dominan maniss, tapi alhamdulillah tamunya suka. Bisa bangett bikin garing kriuk-kriuk katanya. Ya iyya laah..bikinan si bundo gitu lhoh, hihihi

Resepnya kami pakai dari NCC. Tapi untuk tipsnya supaya bisa garing bin kriuk-kriuk, nantikan artikelnya di blog si bundo yahh ;)

3. Perkedel Kentang
Kalo yang ini favoritnya bule eropah. Mungkin karena rasanya mirip mashed potato kali ya *ngarang*
Silahkan klik di sini  untuk resepnya.


4. Urap Sayur
Resep menyusul yah, foto dulu *piss*
bonus tahu isi dari bundo dori
5. Sambel goreng tomat
Resep menyusul ^^v

6. Telur dadar rawis
Ini mah kaya bikin telur dadar biasa trus diiris-iris. Ga perlu resep kyana yaa :D

Nhaah sekarang, mari kita runut urutan kerjanya..
1. H-2, belanjaa.. Rinci resep dan list belanjaan sebelum blanja supaya ga bolak-balik keluar rumah.
2. H-2 dan H-1 pagi, racik bumbu kemudian simpan di kulkas hingga dipakai
3. H-2, masak kering tempe. Simpan di wadah kedap udara setelah benar-benar dingin supaya tetap renyah.
4. H-1 pagi, ungkep ayam. Dibakar hari H pagi.
5. H-1, membuat adonan perkedel dan dibentuk bulat-bulat. Simpan di kulkas untuk digoreng di hari H
6. H-1, menyiapkan tampah dan alas daun pisang beserta hiasan kerucut di pinggirannya. Olesi daun pisang dengan minyak supaya lebih awet segernya. Bisa sekalian menyiapkan hiasannya (bunga cabe, wortel dll)
7. H-1 malam, membuat telur dadar rawis
8. H, membuat nasi kuning, sambil membakar ayam dan atau menggoreng perkedel.
9. H, membuat urap sayur. Ini lauk yang terakhir, setelah bakar ayam dan goreng perkedel supaya sayuran masih seger saat dikonsumsi siangnya
10. The most fun part, menyusun tumpeng. Silahkan keluarkan semua jurus dan citarasa seni yang tersimpan dalam diri anda, xixixi..

Taraaa..kelaar deh kerjaan. Karena pesenannya banyak, sebagian nasi kuning dan lauk pauk disajikan di piring saji terpisah diluar tumpeng.. Jangan lupa ditutup plastik sebelum dianter yaa

Numpeng yuuuk ^^

0 Response to "Tumpeng Nasi Kuning & Step by step"

Posting Komentar