Moist Banana Cake (no mixer!)/ Bolu Pisang Moist Tanpa Mixer

Moist Banana Cake (no mixer!)/ Bolu Pisang Moist Tanpa Mixer - Hallo sahabat tersayang... cieeee, Pada sharingkali ini yang berjudul Moist Banana Cake (no mixer!)/ Bolu Pisang Moist Tanpa Mixer, saya telah membuat artile ini, mudah-mudahan isi postingan yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini detailnya.

lihat juga


Moist Banana Cake (no mixer!)/ Bolu Pisang Moist Tanpa Mixer


Paling seneeeng kalo utak atik resep demi memanfaatkan bahan di dapur, eh jadinya enaak melebihi ekspektasi. Soalnya kadang bikin cake dengan ngikutin plek resep aja kadang ga jadi. Bantat lah..seretlah.. (yang hasilnya begini mah ga tampil di blog yah :P). Tapi yang jelas nggak sama yang satu ini. Cake satu ini lembuut, moist dan berasa banget manis legit pisangnya. Rasanya legit manis enakk dan suka bingiit ama teksturnya. Light, yet moist. Light karena mengunakan minyak instead of butter/mentega. Dan yang paling okeh dari resep ini adalah ga perlu nyuci mikser :D  Tinggal cemplang cemplung di satu baskom/wadah, aduk pake whisk, kelar! Ga punya whisk? Pake garpu juga ga masalah, karena kocoknya juga asal rata.. Biarkan bahan pengembang yang melakukan tugasnya ;)

penampakan remahnya..light dan moist..
Light & Moist Banana Cake 
inspired from Yammie's Noshery

Bahan:
130 gr tepung terigu
3/4 sdt baking soda
1/2 sdt baking powder
>> campur 3 bahan di atas, aduk rata
4 buah pisang yang sudah benar-benar matang
200 gr gula pasir (bisa dikurangi jadi 150gr klo ga suka terlalu manis)
2 butir telur
120 ml minyak sayur
1 sdt vanilla bubuk (bisa diganti cair)

Cara membuat:
Panaskan oven suhu 190 C. Olesi loyang kotak 30x15 cm dengan mentega/margarin dan alasi dengan kertas roti (opsional)
1. Lumatkan pisang dengan garpu. Sisihkan (gambar 1)

2. Kocok telur dan gula hingga rata dengan whisk atau garpu, ga perlu sampe mengembang (gambar 2) 
3. Masukkan minyak sayur, kocok lagi hingga rata (gambar 3)
4. Tambahkan campuran tepung dan vanilla, aduk hingga rata. Jangan lama-lama ya, kalau sudah terlihat rata hentikan mengaduk. (gambar 4)
5. Terakhir, tambahkan pisang yang sudah dilumatkan (gambar 5). Aduk hingga rata. 
6. Tuang ke loyang (gambar 6). Panggang selama 40-45 menit. Lakukan tes tusuk. Kalau tusuk gigi/lidi yang ditusukkan di tengah cake masih basah, tambah waktu pemanggangan 5-10 menit lagi.

Cake juga bisa dikukus, setelah 40-45 menit lakukan tes tusuk. Jika tusuk gigi keluar bersih atau dengan sedikiit remah lembab yang menempel, artinya cake sudah matang.

Dinginkan cake di atas rak kawat (diangin-angin) sebelum dipindahkan ke piring saji, supaya bagian bawah cake tidak lembek basah karena uap panas yang keluar dari bagian bawah cake. 

Pas saya manggang cake yang di foto ini, saya lupa ga tengok-tengok oven. Jadilah bagian atasnya agak legam karena manggangnya sampe 45 menitan. Untunglah ada gula bubuk, tinggal ditaburi  di atasnya, jadi ga keliatan legamnya deh. Hihihi...
Oiya..saya pernah juga bikin di cetakan muffin. Bisa jadi 12 cup dan dipanggang kurang lebih 20 menit. Itu juga saya taburi gula bubuk..karena legam juga atasnya. hihihi..legam takpapa yg penting enaaak



Selamat mencoba ^^

0 Response to "Moist Banana Cake (no mixer!)/ Bolu Pisang Moist Tanpa Mixer"

Posting Komentar