Simple & Moist Chocolate Cake

Simple & Moist Chocolate Cake - Hallo sahabat tersayang... cieeee, Pada sharingkali ini yang berjudul Simple & Moist Chocolate Cake , saya telah membuat artile ini, mudah-mudahan isi postingan yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini detailnya.

lihat juga


Simple & Moist Chocolate Cake

easy lazy choc cake, perfect for beginners (like me!)

Lembuuut & lembab, nyoklat dan agak berat tapi empuk, manisnya pas dan yang paling penting rasanya enyaakk...tapi bikinnya simpel, cepet dan no mixer. Ga percaya? Sayah juga..awalnya, hihihi.. Testimoni yang udah pada nyobain juga ga percaya cake lembut bin enak ini cuma pake 1 butir telur, modal minim tapi hasil max. Penasaran? Yuk ah, cobain. Ga usah jadi expert baker dulu kok buat bikin ini. Suer deh..beneran.. :D

Sepertinya ini resep udah sangat populer sampai-sampai ga jelas lagi sumber aslinya siapa dan di mana, soalnya saya nemu resep yang sama persis di Joy of Baking, juga di Hershey's Kitchen dan di Allrecipes. Udah begitu, saya baca reviewnya bagus-bagus. Jadi makin percaya deh kalo resep ini foolproof, alias anti gagal. Cucoklah buat beginner macam saya ini. Hihihi.. 
Resep asli menggunakan 2 loyang bulat ukuran diameter 9 inch (23 cm), jadinya 2 layer cake yang ditumpuk terus di tengahnya bisa dikasih frosting. Tapi saya biasanya cuma bikin 1 layer, jadi cuman pake separo resep. Dan saya juga ga kasi frosting..dimakan gitu aja udah enyak kok. Trus karena saya juga ga punya loyang bulat, saya pake loyak kotak ukuran 20x20cm. Halah..banyak bener yah modifnya. Hehee.. Ngga kok, resep intinya mah saya pake sama persis :D

HERSHEY'S "PERFECTLY CHOCOLATE" Chocolate Cake Recipe

Ingredients

  • 2 cups sugar
  • 1-3/4 cups all-purpose flour
  • 3/4 cup HERSHEY'S Cocoa
  • 1-1/2 teaspoons baking powder
  • 1-1/2 teaspoons baking soda
  • 1 teaspoon salt
  • 2 eggs
  • 1 cup milk
  • 1/2 cup vegetable oil
  • 2 teaspoons vanilla extract
  • 1 cup boiling water

Directions

1. Heat oven to 350°F. Grease and flour two 9-inch round baking pans.
2. Stir together sugar, flour, cocoa, baking powder, baking soda and salt in large bowl. Add eggs, milk, oil and vanilla; beat on medium speed of mixer 2 minutes. Stir in boiling water (batter will be thin). Pour batter into prepared pans.
3. Bake 30 to 35 minutes or until wooden pick inserted in center comes out clean. Cool 10 minutes; remove from pans to wire racks. Cool completely. 
Nah, kalo resep yang sudah saya translate ke bahasa dan konversikan ukurannya ke metric seperti di bawah yah..Ini sudah saya bikin separo resep. Kalo pengen sesuaiin sama resep asli seperti yang di atas supaya jadi cake 2 layer, yah tinggal dikali 2 ajah banyak bahannya..
Untuk metodenya, saya ikutin punya Joy of Baking, pake whisk aja alias ga pake mikser. Tapi kalo mo pake mixer juga gapapa lhooh..ikutin note di bawah yaa

Chocolate Cake
adapted from Joy of Baking, Hershey's and Allrecipes
modified by KULINER INDONESIA

Bahan-bahan:

Bahan kering
200 gr gula pasir
120 gr tepung terigu
40 gr coklat bubuk (ga harus merk Hershey's, tapi pastikan pake kualitas bagus supaya hasilnya pun ok)
3/4 sdt baking powder
3/4 sdt baking soda
1/2 sdt garam

Bahan basah
1 butir telur
120 ml susu cair
60 ml minyak sayur
1 sdt vanilla
120 ml air panas (atau kopi panas) 

Cara membuat:
1. Panaskan oven suhu 350 F/180 Celsius. Alasi loyang bulat diameter 22-23 cm atau kotak 20x20cm dengan baking paper kemudian olesi dengan mentega bagian sisi-sisi loyang supaya cake tidak lengket dan mudah dikeluarkan dari loyang.
2. Campur semua bahan kering, aduk hingga semua tercampur rata. Sisihkan
Note: Saya lebih suka ayak campuran bahan kering, untuk memastikan baking powder dan baking soda tercampur rata. Kemudian baru diaduk dengan whisk atau garpu.

3. Campur semua bahan basah kecuali air/kopi panas. Aduk rata. Sisihkan


4. Tuangkan campuran bahan basah ke bahan kering. Aduk rata dengan whisk. Setelah tercampur rata, tuangkan air/kopi panas. Aduk kembali hingga rata. 
Note: - Aduk asal rata aja yah, jangan kebanyakan aduk, nanti cake bisa jadi bantat
          - Bisa juga pake mixer untuk mengaduk/mengocoknya, dengan medium speed selama 2-3 menit saja.

Adonan akan menjadi encer setelah dituangi air panas, jangan kuatir, it's the way it has to be
5. Tuangkan adonan ke loyang kemudian panggang di oven selama 30-35 menit atau sampai dicek dengan menusukkan tusuk gigi ke tengah cake, tusuk gigi keluar bersih tanpa adonan basah menempel (artinya cake sudah matang)
6. Biarkan dingin dalam loyang selama 10-15 menit baru setelah itu dikeluarkan dari loyang untuk didinginkan di tas rak kawat. 

Cake juga bisa dikukus untuk hasil yang lebih moist lagi. Tapi untuk lamanya, saya kurang tau soalnya belum pernah coba pake kukusan. Hehee.. Setelah 30 menit dikukus coba dites tusuk aja, kalo tusuk giginya masih basah adonan ya ditambah lagi waktu ngukusnya..


tetep lembut meski udah ngulkas..

so moist yet chocolaty..yumm

Simpel kaaan.. Cake ini bisa jadi dasar untuk membuat cake hias. Bisa dihias buttercream frosting maupun fondant. Ato cukup ditabur gula bubuk di atasnya juga okeh..

Selamat mencoba ^^




0 Response to "Simple & Moist Chocolate Cake "

Posting Komentar